Langkah Awal
Langkah Awal
Baru pertama kali mendengar panel surya? Ingin tahu lebih banyak? Klik Artikel Berikut...
Selengkapnya ...
Sel Warna-Warni
Sel Warna-Warni
Para Ahli Tenaga Surya di Jepang telah menciptakan sel surya yang berwarna warni dan dapat diterapkan pada segala benda.
Selengkapnya ...
Solar Impulse
Terbang dengan Panel Surya
Solar Impulse, pesawat yang mampu terbang selama 26 jam non stop menggunakan energi matahari.
Selengkapnya ...
Tembaga jadi Panel Surya
Tembaga jadi Panel Surya
Eksperimen yang sederhana dengan menggunakan lempeng tembaga anda bisa memperoleh panel surya.
Selengkapnya ...
Miliarder Muda dari Panel Surya
Miliarder Muda dari Panel Surya
Xiaofeng Peng, pendiri LDK Solar yang merupakan Perusahaan Panel Surya terbesar di Dunia
Selengkapnya ...

Lampu Surya, Solusi Atasi Biaya Listrik

AddThis Social Bookmark Button

Lampu SuryaJakarta: Di kala tarif listrik semakin meningkat, lampu tenaga surya dapat menjadi salah satu alternatif untuk menghemat pengeluaran. Seperti yang dilakukan warga Kampung Penas, Cipinang Besar, Jakarta Timur, yang sejak tiga hari lalu menggunakan lampu surya, Jumat (18/2).

Read more...

Tenaga Surya di Batoa

AddThis Social Bookmark Button

Listrik Tenaga Surya di BatoaBatoa: Hari Kemerdekaan Indonesia memasuki usianya ke-65. Tapi masih banyak saja desa-desa di Pulau Batoa, Sulawesi Barat, belum menikmati aliran listrik. Namun hal itu tak mematikan aktivitas warga. Mereka menggunakan listrik dengan tenaga surya.

Read more...

Jepang Menemukan Teknologi Baru Pembuatan Sel Surya

AddThis Social Bookmark Button

Sel surya temuan baru ilmuwan Jepang.Bahwa cadangan sumber energi minyak bumi terus berkurang, dunia mengkhawatirkan terjadinya krisis energi. Banyak orang mulai memikirkan untuk mencari alternatif sumber energi lainnya. Pilihan tertuju pada sejumlah hal, seperti panas bumi, angin, air, dan surya alias sinar matahari. Khusus yang terakhir, di Jepang, teknologi mengembangkan sinar matahari sebagai sumber energi sudah dirintis sejak 30 tahun silam. Tak dipungkiri, tenaga surya yang diubah menjadi listrik digunakan untuk memasok kebutuhan listrik Jepang, termasuk stasiun kereta api, industri, hingga untuk keperluan rumah tangga. Bahkan kabarnya Jepang memiliki separuh dari pembangkit listrik tenaga surya yang digunakan di dunia.

Read more...

Lampu Lalulintas Tenaga Surya

AddThis Social Bookmark Button

Lampu Lalulintas Tenaga SuryaYogyakarta: Di tengah kontroversi rencana kenaikan tarif dasar listrik, Pusat Studi Energi (PSE) Universitas Gadjah Mada menawarkan sebuah solusi hemat energi. PSE UGM mengembangkan traffic lightatau lampu pengatur lalu lintas tenaga surya. Teknologi hemat energi ini telah diuji coba di kawasan Timoho, Yogyakarta, sejak November 2005.

Read more...

Indonesia akan Produksi Panel Surya

AddThis Social Bookmark Button

JAKARTA--Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, pemerintah berusaha agar panel/sel surya secara keseluruhan dapat diproduksi di dalam negeri sehingga tidak perlu impor. "'Roadmap' (peta jalan)-nya sudah ada, tinggal rapat lagi dengan Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) dan yang lain untuk membangun industri panel surya itu," kata Hatta Rajasa di Jakarta, Jumat.

Read more...

You are here: Home Berita